Keuntungan dan Manfaat Membeli Rumah dengan KPR


perumahanbekasi.net - Saat Anda baru mulai hidup mandiri, terpisah dari orang tua, kemungkinan besar Anda kos atau mengontrak rumah. Tapi seiring waktu, tentu Anda ingin memiliki rumah sendiri. Masalahnya, sekadar menabung untuk membeli rumah secara tunai boleh dikata mustahil. Tiap tahun harga properti naik, sementara nilai uang di rekening tabungan Anda tergerus inflasi. Di sinilah pinjaman KPR bisa membantu. Pun, membeli rumah dengan KPR menawarkan beragam keuntungan ekstra.

Biaya Awal Ringan

Kalau dana terbatas, membeli rumah dengan KPR memungkinkan Anda untuk memiliki rumah dengan biaya awal yang tidak terlalu besar. Asalkan Anda memenuhi syarat yang bank tetapkan, uang tunai yang perlu Anda siapkan di awal adalah 30 persen dari harga rumah (untuk uang muka yang dibayarkan ke pengembang properti), cicilan bulan pertama, dan biaya administrasi legal.

Ada pula KPR yang ditawarkan beserta subsidi berupa keringanan uang muka.

Rumah Siap Dihuni

Membeli rumah dengan KPR berarti Anda bisa langsung menghuni rumah itu, bahkan sebelum cicilan pinjaman lunas.

Investasi Jangka Panjang

Kalau rumah yang Anda beli dengan KPR itu berada di lokasi yang strategis, nilai rumah akan meningkat luar biasa dalam beberapa dekade. Bahkan, setelah Anda melunasi seluruh pinjaman KPR, nilai rumah Anda bisa saja melebihi total uang yang Anda bayarkan ke bank.

Legal

Bank hanya membiayai pembelian rumah yang dilengkapi sertifikat. Sebelum menerima sertifikat itu, bank mengecek keabsahannya lewat Badan Pertanahan Nasional (BPN). Artinya, legalitas rumah yang Anda beli aman dan terjamin.
Terlindungi dari Kebakaran

Bank juga mensyaratkan adanya asuransi properti, yang preminya tercantum dalam cicilan bulanan KPR, untuk melindungi rumah Anda dari risiko kebakaran.

Pengembang Tepercaya

Bunga kredit adalah salah satu sumber pemasukan bank. Karenanya, kalau pengembang batal atau mundur dari pembangunan rumah Anda, yang rugi bukan hanya Anda, tapi juga bank. Karena itulah bank memilih bekerja sama dengan pengembang properti yang bereputasi baik.

Bisnis

Kalau Anda menyewakan rumah yang Anda beli dengan KPR, kemudian menggunakan uang sewa itu untuk membayar cicilan bulanan, artinya Anda memperoleh rumah secara gratis. Tapi, lakukan langkah ini hanya kalau Anda memiliki alternatif tempat tinggal ya. (aturduit/albahar)

Keuntungan dan Manfaat Membeli Rumah dengan KPR

  1. Salam Pak Sutan Sjahrir @ Wow..ini blog yang paling hebat nihh..banyak info yang akan saya kongsi nantinya..

    Dulu ada rencana mahu bikin blog seperti ini..kebetulan anak saya bekerja di Jabatan Harta Tanah & Properti..

    Kapan mahu saya minta sharing info seperti blog ini..tunggu papa..lagi sibuk aja nihh ..hehee..saya maklum memang rutin kerjanya sibuk selalu..hehee..

    Salam sukses Pak Angku Sutan Sjahrir;)

    ReplyDelete