4 TIPS AMPUH UNTUK MERDEKA SECARA KEUANGAN FINANSIAL - INFO FINANCIAL PROPERTY

Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, seluruh masyarakat Indonesia merayakannya dengan beragam cara dan tradisi. Mulai dari mengadakan pawai hingga lomba di tiap lingkungan perumahan.

Berbicara tentang kemerdekaan, apakah Anda sudah merasa merdeka dengan seluruh aspek kehidupan Anda? Terutama dalam aspek finansial pribadi maupun rumah tangga. Mungkin Anda merasa bahwa semua kebutuhan sehari-hari, bahkan yang tersier, sudah terpenuhi. Namun apakah Anda memiliki faktor-faktor yang menjamin Anda merasa aman secara finansial?

Nah, tidak ada salahnya dalam rangka merayakan kemerdekaan, kita pun duduk sejenak untuk mengenali sudahkan rumah tangga kita merdeka secara finansial?

Tidak berhutang untuk hal yang bersifat konsumtif

Jika Anda masih memiliki hutang untuk barang-barang konsumtif maka kondisi finansial rumah tangga Anda belumlah merdeka. Yang dimaksud dengan hutang untuk barang-barang konsumtif seperti berhutang untuk membeli perabotan rumah tangga atau kendaraan. Karena barang-barang konsumtif ini bisa Anda gunakan namun bukan penunjang untuk mencari penghasilan. Artinya, suatu saat nilai kegunaannya akan habis, tanpa memberikan nilai tambah secara ekonomis semasa penggunaannya.

Jika Anda berhutang untuk membeli sesuatu kemudian barang itu dijadikan sarana untuk mencari tambahan, maka ini tidak dapat dikategorikan hutang yang bersifat konsumtif. Contoh, Anda berhutang membeli perlengkapan masak dan juga digunakan untuk menunjang usaha catering atau kue. Artinya peralatan masak Anda juga memberikan nilai ekonomis.

Tips
Pastikan semua kebutuhan sekunder yang Anda miliki memberikan kontribusi secara maksimal. Contoh, jika Anda berniat membeli seperangkat alat jahit, maka jadikan ini sebagai sumber penghasilan tambahan. Cara lain barang sekunder seperti ini bisa memberikan nilai ekonomis adalah dengan menjadikan Anda bisa menghemat. Misalnya, daripada membeli celemek baru, Anda bisa membuatnya sendiri dan Anda hanya perlu membeli kain.

Satu hal lagi, jangan beli barang-barang konsumtif menggunakan kredit, termasuk kartu kredit. Hal ini mengingat barang konsumtif tidak memberikan kontribusi ekonomis, padahal Anda harus membayar cicilannya selama jangka waktu tertentu.


Memiliki simpanan dana darurat

Apa yang Anda lakukan jika Anda kehilangan pekerjaan esok hari? Apakah Anda memiliki cadangan keuangan untuk menyokon diri sendiri dan keluarga hingga kondisi keuangan Anda stabil kembali?

Tentu saja memiliki dana yang dialokasikan khusus untuk kebutuhan darurat merupakan ciri dari merdeka secara finansial. Dengan adanya dana darurat ini, maka Anda tidak akan khawatir bahwa risiko sakit atau kebutuhan mendadak lainnya akan mengganggu alokasi dana lainnya.

Jika Anda berfikir bahwa Anda bisa menggabungkan dana darurat dengan tabungan, maka Anda memahami fungsi dana darurat secara keliru. Dana darurat dialokasikan secara khusus agar Anda tidak perlu mengurangi tabungan Anda untuk kebutuhan mendadak.

Tips
Dana darurat bisa Anda simpan dalam bentuk liquid agar bisa digunakan dengan mudah saat dibutuhkan. Misalnya, dalam kondisi kendaraan yang rusak tiba-tiba, sakit, atau perbaikan rumah mendadak. Dana darurat tunai ini baiknya disimpan dalam rekening terpisah, atau rekening liquid deposito dimana bisa Anda ambil kapan saja, tapi tetap bisa menikmati bunga yang menarik.

Tabungan dan investasi untuk masa depan

Satu hal penting yang perlu Anda ingat adalah jangan sampai Anda mengorbankan seluruh tabungan untuk membeli sesuatu, walaupun yang dibeli bernilai investasi. Tabungan sangat penting untuk masa depan Anda nantinya.

Misalnya, Anda hendak membeli properti untuk investasi. Maka jangan sampai Anda memaksakan diri menghabiskan tabungan untuk membelinya. Anda harus bersikap bijak karena bagaimanapun, rencana masa depan Anda juga harus ada alokasi dananya, apalagi jika Anda sudah berkeluarga.

Tips
Pisahkan dana tabungan dengan alokasi dana untuk membeli properti. Anda juga bisa berinvestasi dalam bentuk lain, misalnya reksa dana atau investasi dalam bentuk saham dan emas. Tips lain agar tabungan Anda mendapatkan nilai yang maksimal, maka gunakanlah tabungan berjangka atau membuka rekening deposito.

Catatan pemasukan dan pengeluaran rumah tangga yang rapi

Satu hal sederhana namun cukup menentukan seberapa merdeka kehidupan finansial rumah tangga Anda adalah catatan keuangan yang Anda buat. Jika Anda memiliki catatan keuangan yang rapi, maka Anda memiliki kemampuan pengaturan keuangan yang baik.

Dengan adanya catatan keuangan juga Anda bisa melacak semua pemasukan dan pengeluaran sehingga Anda dapat menentukan prioritas dengan baik. Jika Anda tidak membiasakan diri untuk membuat catatan keuangan yang rapi, maka Anda bisa terjebak dengan pengeluaran yang tidak perlu. Hal ini terjadi karena Anda tidak melacak kondisi keuangan Anda dengan baik.

Tidak membiasakan diri mencatat pengeluaran dan pemasukan juga bisa membuat Anda bangkrut di akhir bulan, karena di awal dan tengah bulan Anda merasa “masih punya uang”.

Tips
Buatlah kebiasaan mencatat secara harian. Misalnya, sebelum tidur Anda mencatat pemasukan dan pengeluaran yang Anda dapatkan dalam hari itu. Biasakan kegiatan ini selama sebulan, maka Anda akan terbiasa melakukan pencatatan di bulan berikutnya karena Anda sudah merasakan manfaat dari memiliki catatan keuangan yang rapi. Untuk membantu pencatatan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi dari ponsel Anda. Aplikasi pencatatan keuangan yang direkomendasikan oleh Techinasia antara lain, Money Lover Expense Manager, Money Control by AGBA, dan Expense Manager.

Sekarang giliran Anda untuk membuat evaluasi keuangan apakah Anda memiliki keempat ciri merdeka finansial ini. Jika tidak, mulailah untuk membuat perencanaannya dan buatlah target kapan keempat ciri merdeka finansial ini harus Anda miliki.

Untuk bisa merdeka finansial memang memerlukan proses. Oleh karena itu, lihat juga informasi lainnya untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan secara cermat.

penulis/sumber : Dyah Ikhsanti/https://www.aturduit.com/articles/merdeka-secara-finansial/

4 TIPS AMPUH UNTUK MERDEKA SECARA KEUANGAN FINANSIAL - INFO FINANCIAL PROPERTY