4 TIPS MEMBERLI RUMAH UNTUK WANITA SINGLE - INFO RUMAH BEKASI

Tingginya harga rumah saat ini membuat calon pembeli membutuhkan kepercayaan diri dalam menghadapi kondisi pasar secara umum dan kemampuan finansialnya secara khusus. Tidak sedikit para wanita single, telah membuat keputusan berani untuk membelanjakan uangnya untuk membeli rumah.

Di Indonesia, belum ada data yang menunjukkan berapa persentase kontribusi para wanita single ini terhadap penyerapan rumah di pasar. Bandingkan dengan di Amerika, National Association of Realtors merilis, 21% pembelian rumah tahun silam adalah para wanita lajang. Sementara pria lajang hanya menyumbang 10%.

Bisa saja di Indonesia, perbandingannya bisa terbalik. Pasalnya, kultur Indonesia masih menempatkan kaum wanita sebagai pengikut dari para pria. Derajat tanggung jawab dalam hal pemenuhan kebutuhan, termasuk rumah, masih didominasi kaum pria.

Secara psikologis, para ahli mengatakan ketelatenan dan sensitivitas atau rasa khawatir pada perempuan lebih tinggi dari pria. Karena itu, mungkin penting bagi Anda menyimak empat tips untuk para wanita single pada saat hendak membeli rumah.

1. Membeli dengan keyakinan

Lamanya masa produktif dalam bekerja bagi seorang wanita lebih pendek dibandingkan kaum pria. Jika ada pilihan pensiun dini, maka opsi ini akan diambil kebanyakan wanita dibandingkan kaum pria. Memiliki rumah dapat membantu wanita memasuki masa pensiun lebih aman. Anda tidak harus memikirkan rumah sebagai investasi yang akan membuat Anda kaya, tetapi jika Anda membeli rumah yang mampu Anda cicil, mempertahankan dan tinggal selama periode waktu yang panjang. Anda akan memiliki tempat paling murah untuk hidup di masa pensiun Anda.

2. Cicilan bulanan jangan sampai melampaui sisa uang Anda

Bank sebagai kreditor biasanya akan menyetujui pinjaman Anda, jika besar cicilan setiap bulan maksimal sepertiga dari gaji atau penghasilan sebulan. Cermati dengan baik, sesuaikan keinginan Anda dengan realitas keuangan Anda. Jika penghasilan Anda per bulan Rp 30 juta, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mengalokasikan Rp 10 juta setiap bulan untuk cicilan. Jika durasi kredit masih bisa diperpanjang, pilih itu. Namun, jauh lebih baik jika Anda beralih ke rumah dengan harga yang lebih rendah. Mengapa? Ingat bahwa Anda sendirian dan setelah memiliki rumah sendiri, Anda pasti akan melakukan sejumlah pengeluaran dalam jumlah signifikan. Belum lagi, sistem bunga floating atau mengambang, memberikan Anda sejumlah risiko kenaikan nilai cicilan sementara ketidakpastian pun terjadi pada jumlah penghasilan Anda. Apakah gaji Anda akan naik tahun depan?

3. Cari informasi dan opsi sebanyak mungkin tentang pembiayaan

Sejatinya, kaum wanita bisa lebih teliti dan detail ketika mencari informasi. Termasuk di antaranya informasi tentang pembiayaan yang akan dipilih untuk membiayai pembelian rumah. Pesan Zhenguo Lin, asisten profesor real estate di Mississippi State University kepada kaum wanita adalah, lihat dengan jeli dan cermat tabel cicilan Anda selama periode kredit. Berapa besar perbandingan utang pokok dan bunga pada awal-awal periode kredit serta berapa lama fixed rate atau bunga tetap diberlakukan. Ini untuk menghindari keputusan yang dibuat hanya berdasarkan rekomendasi dari teman atau kerabat.

4. Inspeksi dengan jeli, pastikan penjual menyerahkan rumah dalam kondisi baik

Tahukah Anda bahwa biaya untuk merawat dan memperbaiki rumah second yang baru Anda beli, berkisar 1%-3% dari nilai rumah itu sendiri? Sepintas nampak kecil angka ini, namun ingat, asumsikan bahwa Anda wanita single yang akan menanggung semuanya sendirian. Maka, pastikan bahwa Anda telah melakukan inspeksi dengan baik atas rumah yang akan Anda beli. Ini tidak hanya berlaku untuk rumah second, bahkan pada rumah baru yang dibangun developer pun, Anda harus benar-benar memastikan bahwa rumah tersebut sudah Anda cek kondisinya. Langkah selanjutnya adalah, minta kepada penjual untuk memperbaiki semua dan minta jaminan atau garansi kerusakan untuk periode tertentu seperti enam bulan atau setahun. Jika terjadi kerusakan dalam periode itu, penjual harus membayar biaya perbaikan.

sumber/penulis : rumah.com-ferdinand lamak

4 TIPS MEMBERLI RUMAH UNTUK WANITA SINGLE - INFO RUMAH BEKASI