CARA MUDAH OVER KREDIT RUMAH YANG MASIH KPR - INFO OVER KREDIT BEKASI

Ingin menjual rumah yang masih KPR ? Bisa dan sebenarnya mudah dilakukan. Ini beberapa tipsnya. Beberapa kali muncul pertanyaan dari pengunjung blog mengenai cara menjual rumah yang masih KPR.

Ada beberapa alasan kenapa ingin menjual rumah yang masih KPR:

Pertama, ingin membeli rumah yang lebih besar atau pindah ke lokasi lebih baik. Kedua, sedang menghadapi kesulitan keuangan sehingga salah satu cara mengurangi beban cicilan KPR adalah dengan menjual rumah tersebut.

1.    Menghitung Sisa Tagihan Kredit di Bank

Rumah yang masih dalam status kredit KPR milik Anda, tentunya harus membayar cicilan KPR nya di setiap bulan. Saat rumah akan dijual dan Anda masih berada dalam kewajiban untuk membayar cicilannya, coba untuk menghitung sisa tagihan kredit tersebut di bank terkait.

Menghitung sisa tagihan tersebut dapat memberikan informasi kepada Anda, dalam bentuk jumlah kewajiban KPR yang harus dilunasi ke bank. Jika masih bingung, silakan bertanya pada pihak bank terkait mengenai perhitungan sisa kredit ini.

2. Over Kredit Rumah Subsidi?

Berbeda dengan rumah nonsubsidi, rumah yang diperuntukkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ini memiliki syarat yang sedikit berbeda jika ingin dijual dengan cara over kredit.

Sebelum dijual, Anda sebagai pemilik hunian bersubsidi setidaknya harus menempati rumah minimal lima tahun pertama untuk rumah tapak dan 20 tahun untuk rusunawa.

Jangan abaikan peraturan yang sudah ditentukan pemerintah ini. Ada sanksi yang diberlakukan bagi pelanggar, yaitu sanksi pidana atau denda maksimal Rp50 juta.

Sebenarnya ada cara yang lebih sederhana ketimbang melakukan over kredit. Rumah bersubsidi bisa dijual kembali kepada pemerintah, agar pemerintah dapat menjualnya kembali kepada pembeli dari kategori MBR.

3. Jelaskan Soal Status Rumah Kepada Calon Pembeli

Saat menjual rumah, sama halnya dengan menjual barang tertentu, bahwa kita harus jujur terutama soal status rumah yang akan dijual tersebut. Beritahukan kepada calon pembeli rumah KPR Anda bahwa status rumah tersebut masih terikat cicilan KPR dengan pihak bank. Dengan begitu, pembeli menjadi tahu bahwa rumah tersebut sertifikatnya masih di tangan bank

CARA MUDAH OVER KREDIT RUMAH YANG MASIH KPR - INFO OVER KREDIT BEKASI